Tips Murah Cara Mencegah Timbulnya Jerawat di Wajah Secara Alami

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat-Masa remaja merupakan masa yang baik untuk mengaktualisasikan diri. Akan tetapi, remaja tidak akan percaya diri apabila memiliki jerawat di pipinya. Artikel ini akan memberikan tips untuk mencegah timbulnya jerawat, sehingga remaja dapat mengaktualisasikan dirinya dengan percaya diri yang tinggi. Ada pepatah mengatakan “mencegah itu lebih baik dari pada mengobati”. Oleh karena itu, artikel ini membahas lima langkah mencegah timbulnya jerawat di wajah. 

Lima langkah mencegah jerawat terdiri dari menjaga wajah tetap bersih, menghindari makanan berminyak, menjaga kelembaban kulit wajah, menggunakan produk anti jerawat, dan meminimalisir penggunaan make up. 

5 Cara Mencegah Timbulnya Jerawat  Secara Alami 

 cara mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan bekasnya

1. Menjaga kebersihan wajah 

Menjaga kebersihan wajah sangat penting. Remaja memiliki banyak aktivitas di luar rumah, yang mempunyai potensi besar membuat wajah menjadi kotor. Wajah yang kotor, misalnya karena polusi udara atau penggunaan make up, dan tidak dibersihkan akan membuat poi-pori wajah tersumbat dan memicu timbulnya jerawat. 

Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci wajah setidaknya dua atau tiga kali sehari, terutama sebelum tidur. Waktu membersihkan wajah sebaiknya menggunakan pembersih wajah yang ringan dan lembut. Setelah membersihkan wajah, wajah dikeringkan dengan handuk bersih.

2. Hindari makanan berminyak

Makanan berminyak dapat memperburuk masalah jerawat. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari gorengan dan makanan berlemak lainnya yang dapat membuat kondisi jerawat menjadi lebih parah. Selain itu, sebaiknya hindari juga makanan yang terlalu manis atau asin, selain tidak baik untuk kesehatan, juga tidak baik untuk kesehatan kulit.

3. Menjaga kelembaban kulit

Kekeringan pada kulit dapat menyebabkan gatal-gatal dan ketika menggaruknya, akan meninggalkan bekas luka pada kulit wajah. Sehingga sangat perlu untuk menjaga kelembaban kulit. Caranya dapat dilakukan dengan mengoleskan pelembap, sebaiknya menggunakan pelembab yang mengandung formula anti-jerawat untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, perlu diperhatikan untuk memilih produk pelembap sesuai jenis kulit.

4. Menggunakan produk anti-jerawat

Ada beberapa produk yang dapat membersihkan kulit dari minyak berlebih dan juga menghilangkan bakteri. Namun, perlu berhati-hati dalam memilih produk anti-jerawat. Produk anti-jerawat tentunya mengandung bahan kimia obat (BKO) yang tidak diketahui kandungannya secara pasti. Sehingga produk tersebut mempunyai kemungkinan menyebabkan kondisi jerawat menjadi lebih parah, apabila memiliki kulit yang sensitif.

5. Meminimalisir penggunaan make up

Kebanyakan wanita sering mencoba menutupi jerawat atau bekas jerawat dengan memakai make up tebal. Tetapi, ternyata penggunaan make up dapat menyumbat pori-pori kulit untuk waktu yang lama dan bahan kimia obat (BKO) yang terkandung di dalamnya dapat membuat kondisi jerawat menjadi semakin buruk. Sehingga disarankan untuk meminimalisir penggunaan make up. Kulit perlu diberi kesempatan untuk bernapas dengan tidak memakai make up sama sekali pada hari-hari biasa. tidak hanya itu saja pencegahan dini timbulnya jerawat di wajah juga perlu diperhatikan agar tidak ada permasalahan jerawat yang mengganggu.

Itulah penjabaran lima langkah untuk mencegah jerawat ini semoga bisa dipraktekkan sehari-hari, agar wajah bebas dari jerawat.