Pentingnya Mengenali Penyebab Jerawat dan Solusinya

Faktor Penyebab Jerawat - Jerawat ternyata bukan hanya menjadi masalah bagi para remaja yang baru memasuki masa pubertas tetapi bisa juga menjangkiti orang-orang yang sudah dewasa. Apalagi bila jerawat yang menyerang adalah jerawat batu, dengan bintil-bintil meradang yang menyebar di seluruh wajah. Apabila sudah terserang jerawat batu, bukan hanya rasa pedih dan gatal yang dirasakan, bahkan kepercayaan diri ikut hilang dan menjadi minder. 
Penyebab Jerawat dan Solusinya

Untuk mengatasi permasalahan ini, perlu diketahui apa yang menyebabkan jerawat batu menyerang sehingga dapat dilakukan terapi pengobatan yang lebih efektif sesuai penyebabnya.Jerawat batu yang dalam bahasa kedokteran disebut sebagai Cystic Acne, yang bisa dipicu oleh berbagai macam hal, yaitu:

Faktor  Penyebab Munculnya  Jerawat Dan Solusinya

1. Faktor genetik.
Faktor genetik dapat menjadi penyebab jerawat batu meradang yang pada umumnya memiliki ciri-ciri tertentu, antara lain tipe kulit penderita berminyak, regenerasi kulit berjalan lambat, sangat sensitif terhadap peradangan sehingga jerawat biasanya menimbulkan bekas berupa lubang kecil.

2. Gaya hidup tidak sehat
Wajah perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum tidur. Kulit wajah yang kotor akibat debu dan polusi berpotensi menyumbat pori-pori sehingga memicu iritasi kulit dan jerawat.

3. Ketidakseimbangan Hormon
Jika yang mengalami jerawat batu adalah remaja, kemungkinan penyebabnya adalah karena ketidakseimbangan  hormon dalam masa memasuki fase akil balig atau pubertas. Untuk mengatasi hal ini, apabila kulitnya cenderung berminyak, sebaiknya menghindari kosmetik berbahan dasar minyak dan pembersih wajah karena kedua bahan tersebut dapat menyebabkan terjadinya jerawat.

4. Stres
Stres dapat menyebabkan jerawat muncul, atau wanita yang sedang mengandung juga dapat terserang jerawat batu karena tubuh memproduksi hormon tertentu secara berlebih yang berdampak pada timbulnya jerawat.

5. Konsumsi obat
Yang terakhir, konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat yang kemungkinan dikarenakan sistem imun yang sensitif terhadap obat tertentu.

Setelah mengetahui, penyebab timbulnya jerawat batu, maka perlu diketahui bagaimana penanganannya. Bila jerawat batu sudah sangat parah, sebaiknya mengunjungi dokter spesialis kulit untuk memperoleh bantuan medis. Biasanya dokter akan memberi resep antibiotik dan menyuntik jerawat dengan cortisone. Suntikan ini pada umumnya dapat membuat jerawat mengering dalam waktu 1 hingga 2 hari.

Ada juga pengobatan dengan cara alami, yaitu dengan masker kentang dan masker putih telur. Kentang mengandung bahan alkali yang berguna untuk mengurangi minyak pada wajah sehingga jerawat menjadi berkurang. Sedangkan madu terkenal sebagai antibiotik alami yang dapat mematikan kuman penyebab jerawat dan putih telur berkhasiat sebagai bahan pembersih wajah yang efektif. Berikut ini ulasannya: 

Cara pengobatan jerawat batu dengan masker kentang dan masker putih telur 

masker menghilangkan jerawat dan bekasnya

Masker kentang: sebuah kentang segar dilumatkan dan dioleskan pada bagian wajah yang berjerawat kemudian dibiarkan selama setengah jam dan dibilas dengan air. 

Masker putih telur :putih telur dipisahkan dari kuning telur dikocok hingga berbusa dan dicampur dengan sedikit madu. Campuran dioleskan pada wajah dan dibiarkan hingga mengering sebelum dibersihkan. 

Demikian Artikel kali ini yang membahas seputar penyebab jerawat dan solusi mengatasinya . Semoga bermanfaat